Desa Ciwalen Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana, Masyarakat Sangat Antusias

suaracianjur.com
Juli 17, 2024 | 17:12 WIB Last Updated 2024-07-17T10:17:24Z
Foto: Dok. Suara Cianjur, Kades Ciwalen Dadang Sutisna.

SUARA CIANJUR | WARUNGKONDANG - Desa Ciwalen dan Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Mitigasi Bencana Alam.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan sa'at terjadi Bencana Alam dan meningkat kan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Ditemui awak media diruang kerjanya. Kades Ciwalen Dadang Sutisna menjelaskan, tujuan pelatihan mitigasi kebencanaan adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam.

"Arti Mitigasi adalah cara menanggulangi suatu dampak atau risiko yang buruk atas suatu peristiwa. Dalam Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dijelaskan arti mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran, dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana," ungkapnya. Rabu, (17/7/2024).

"Peranan terpenting dari arti mitigasi bencana sendiri adalah menanggulangi bencana.," imbuhnya

Lanjut Dadang; "Tak cuma itu, arti mitigasi bencana juga memainkan peran meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk menghadapi dan mengurangi dampak bencana sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman. Apapun bencana tersebut," bebernya.

Ia juga mengatakan, selain itu dalam mitigasi kebencanaan kita di ajarkan menjaga keamanan dan ketertiban di sa'at bencana itu datang.

"Mengacu pada pengalaman bencana gempa bumi tahun lalu, semua elemen sibuk dalam distribusi bantuan, sehingga keamanan dan ketertiban jadi terabaikan, dampaknya banyak harta benda warga seperti, kendaraan dan perhiasan digondol maling, dalam keadaan bencana masih aja ada oknum yang memanfaatkan situasi," jelasnya.

Sambung Dadang, dalam pelatihan mitigasi kebencanaan ini Linmas pun kita libatkan, sehingga sa'at bencana datang semua elemen yang ikut pelatihan tahu tupoksinya apa.

"Kita memang sudah memiliki Tagana Desa, namun dalam pelatihan lebih diasah lagi agar kemampuan nya semakin bertambah, untuk kecamatan warungkondang yang menggelar pelatihan kepada tagana ada 2 desa, yakni Desa Ciwalen dan Sukawangi," pungkasnya.

(Joy)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Ciwalen Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana, Masyarakat Sangat Antusias

Trending Now

Iklan