PKBM Halimatussa'diah Berperan Tingkatkan IPM Kabupaten Cianjur

suaracianjur.com
Juli 10, 2024 | 16:20 WIB Last Updated 2024-07-10T09:33:30Z
Foto: Dok. Suara Cianjur (Agus Prabu) Ketua PKBM Halimatussa'diah Budi Mulyadi, S.Pd.,M.Si. Sa'at memberikan sambutan.

SUARA CIANJUR | SUKANAGARA - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Halimatussa’diah menggelar Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Siswi Belajar Tahun Pelajaran 2023-2024, bertempat di halaman BTN Villa Panyebrangan Kampung Lingkungsari RT. 001 RW. 001 Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur.

Dalam acara kenaikan kelas. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Halimatussa’diah meluluskan siswa siswi Paket B setara SLTP sebanyak 47 (empat puluh tujuh) orang yang merupakan angkatan ke 22 dan siswa siswi Paket C setara SLTA sebanyak 276 (dua ratus tujuh puluh enam) orang yang merupakan angkatan ke 20.

Semua siswa dan siswi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Halimatussa’diah semuanya lulus tidak ada yang tinggal dikelas. Hadir dalam seremonial kenaikan kelas siswa dan siswi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Halimatussa’diah tersebut, Ketua Yayasan PKBM Halimatussa’diah Fajar Mulya Nugraha, S.Kep.Ners, Ketua PKBM Halimatussa’diah Budi Mulyadi, S.Pd., M.Si, Koryandik Kecamatan Sukanagara Heri Mulyawan S.Pd, Penilik Kecamatan Sukanagara Agus Jamaludin, S.Pd.I, Camat Sukanagara Iin Solihin, ST, S.AP, M.Si, Kapolsek Sukanagara AKP Tio, Danramil Sukanagara Kapt. Arm Suhardi, Kepala Desa Gunungsari Ade Sadili, S.Pd.I, M.Si.

Hadirnya Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasie Dikmas) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Eris Rismayadi, SP, M.Si. Dalam kegiatan kenaikan kelas menjadi suatu kebanggaan para orang tua siswa dan warga sekitar terutama PKBM Halimatussa’diah.
 
Dalam sambutan nya Ketua PKBM Halimatussa’diah Budi Mulyadi, S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa PKBM Halimatussa’diah akan selalu hadir ditengah tengah kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan demi mendorong Program Bupati Cianjur guna mendongkrak Indek Pembangunan Masyarakat (IPM) Kabupaten Cianjur.
Foto: Dok. Suara Cianjur. Selain diisi kreasi Siswa siswi. Acara kelulusan di meriahkan komedian asal kota Sukabumi.

"Sehingga tidak ada lagi warga masyarakat dari berbagai golongan dan kalangan yang tidak mampu bersekolah karena terkendala dengan waktu, usia dan kesibukannya," ujarnya. Rabu, (10/7/2024).

"PKBM Halimatussa’diah akan terus meningkatkan pelayanan dan inovasi dibidang pendidikan sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima terhadap siswa siswi," imbuhnya.

Lanjut Budi; "PKBM Halimatussa’diah juga menyediakan pelayanan belajar ekstrakurikuler, diantaranya Kursus Komputer, Hadroh dan Pramuka ungkap Budi Mulyadi," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasie Dikmas) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Eris Rismayadi, SP, M.Si.

"Tujuan PKBM sendiri adalah memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja guna mencari nafkah," urainya.
Foto: Dok. Suara Cianjur. Selain diisi kreasi Siswa siswi. Acara kelulusan di meriahkan komedian asal kota Sukabumi.

Sambungnya, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM, adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal.

"PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. Sebagai salah satu satuan pendidikan non formal. PKBM diharapkan dapat menjadi wadah bagi kegiatan masyarakat untuk lebih meningkatkan potensi diri dan keterampilan, sehingga diharapkan tidak lagi ada cerita bahwa ada masyarakat yang tidak belajar karena keterbatasan biaya, dan tidak ada waktu untuk belajar karena sibuk bekerja, karena di PKBM pembelajarannya dilaksanakan pada akhir pekan. Sabtu dan Minggu," paparnya.
 
Penelusuran awak media Suara Cianjur. Selain menampilkan berbagai macam kreasi seni dari para siswa siswi warga belajar, untuk memeriahkan acara kenaikan kelas siswa siswi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Halimatussa’diah. Ketua PKBM Budi Mulyadi, S.Pd, M.Si mengundang Komedian Kang Totoh alias Ijem Junior dari Kota Sukabumi, berkolaborasi dengan Saputra Entertainment.
Foto: Dok. Suara Cianjur, photo bersama usai kegiatan kenaikan kelas PKBM Halimatussa'diah.

Diakhir kegiatan Ketua PKBM menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut serta permohonan maaf jika dalam resepsi kenaikan kelas ini segala sesuatunya kurang maksimal, 

"Insya Allah tahun depan bisa kami tingkatkan lagi," tutup Budi dalam pidato tambahan nya.

(Agus Prabu)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PKBM Halimatussa'diah Berperan Tingkatkan IPM Kabupaten Cianjur

Trending Now

Iklan