Program Desa Siaga dan Lingkungan Sehat Bebas Aedes Aegypti Desa Tegallega, Apa Saja?

suaracianjur.com
Oktober 22, 2024 | 18:51 WIB Last Updated 2024-10-22T12:02:53Z
Foto: Dok. (SC). Mesin Fogging (Pengasapan)

SUARA CIANJUR | WARUNGKONDANG - Program desa siaga yang di canangkan Pemerintah Desa Tegallega diantaranya mitigasi kebencanaan, dan pengadaan alat pencegah kebakaran.

Selain itu menjelang musim penghujan tiba Pemerintah Desa Tegallega menyiapkan mesin fogging (pengasapan) untuk menjaga berkembangnya nyamuk malaria di musim penghujan.

"Mitigasi kebencanaan yaitu program siaga yang diterapkan kepada masyarakat, ketika bencana alam atau non alam yang tidak di harapkan datang, masyarakat sudah di bekali kemampuan untuk menanganinya, tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan," ucap Kepala Desa Tegallega Asep Nanang Haris di ruang kerjanya, Selasa (22/20/2024).

"Untuk mengantisipasi kebakaran kami menyediakan APAR berbentuk tabung yang berisi bahan pemadam api bertekanan tinggi. APAR merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki untuk mencegah kebakaran yang dapat mengancam keselamatan dan aset desa," imbuhnya.
Foto: Dok. (SC).Kades Tegallega sedang menjelaskan racikan cairan fogging 

Sambung Dadan, dan yang terakhir yaitu pengadaan mesin fogging, di musim penghujan kami mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes aegypti dengan pengasapan.

"Setiap akan melakukan pengasapan (fogging) kami berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinkes untuk mendapatkan cairan khusus dari mereka," ungkapnya.
Foto: Dok. (SC). Apar wajib dimiliki setiap perkantoran untuk antisipasi kebakaran 

Terpisah, Sekretaris Desa Bunikasih Ade Muhamad Firman saat di konfirmasi awak media suara cianjur terkait program kerja desa bunikasih sepeninggal mendiang kepala desa mengatakan.

"Ketika saya menjabat Plt. Kepala Desa semua program kerja berjalan sesuai dengan apa yang di rencanakan," ujarnya.

"Alhamdulillah sekarang sudah ada Pjs. Kepala Desa, namun mengingat sekarang dalam situasi pilkada, sebelum di gelar persiapan PAW kemungkinan jabatan Pjs akan lebih dari 6 bulan," bebernya.

Lanjut Ade; "Iya karena kemungkinan menunggu dulu pelantikan bupati yang baru," pungkasnya.

(Ark)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Desa Siaga dan Lingkungan Sehat Bebas Aedes Aegypti Desa Tegallega, Apa Saja?

Trending Now

Iklan