Satgas Damai Cartenz: Banyak Prajurit Gugur dalam Misi Pembebasan Pilot Susi Air

suaracianjur.com
Oktober 07, 2024 | 19:19 WIB Last Updated 2024-10-07T12:23:39Z
Foto: Dok. SC. (Kompas.com) Photo istimewa 

SUARA CIANJUR | JAKARTA - Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, yang juga merupakan Wakapolda Papua mengungkapkan, ada banyak prajurit yang gugur selama misi penyelamatan pilot Susi Air. Senin (7/10/2024).

"Banyak prajurit yang gugur selama misi penyelamatan tersebut, menandakan betapa beratnya tantangan yang dihadapi," kata Faizal dalam keterangan resmi, Minggu (6/10/2024).

Faizal mengungkapkan sejumlah dinamika dan tantangan yang dihadapi selama operasi pembebasan tersebut. 

Ia juga menekankan pentingnya kesabaran sebagai kunci utama keberhasilan operasi penyelamatan ini.

“Kita harus sabar dan kita harus tenang,” ujar dia.

Meskipun demikian, operasi Satgas Damai Cartenz akan terus berlanjut dengan tujuan menjaga kedamaian di Papua. 

“Berbagai pihak telah bekerja keras, dan kami hanya melanjutkan serta menyelesaikan langkah terakhir. Ini bisa menjadi pembelajaran penting bagi pendekatan di masa depan dalam menangani permasalahan Papua,” ujar Faizal.

Ia menambahkan bahwa pendekatan soft approach dalam pembebasan pilot Susi Air, yang menitikberatkan pada dialog dan pemahaman, telah menunjukkan hasil positif dan bisa diterapkan dalam berbagai sektor di Papua.

Sebelumnya, pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, berhasil dibebaskan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianu Kogoya, Sabtu (21/9/2024), setelah lebih dari 1,5 tahun disandera. 

Philip dijemput oleh tim di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua, dan diterbangkan ke Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk diperiksa kesehatan tubuh dan psikologisnya.

Bebasnya pilot berkewarganegaraan Selandia Baru telah lama dinantikan. Pasalnya, Philip telah disandera selama 19 bulan sejak Februari 2023.

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Damai Cartenz: Banyak Prajurit Gugur dalam Misi Pembebasan Pilot Susi Air

Trending Now

Iklan