Upaya Tingkatkan Ekonomi, Ilham Habibie Canangkan Hilirisasi Pertanian di Cianjur

suaracianjur.com
Oktober 13, 2024 | 22:54 WIB Last Updated 2024-10-13T15:58:19Z
Foto: Dok. (detikjabar/Ikbal Slamet) Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie

SUARA CIANJUR | CIANJUR - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie mencanangkan hilirisasi sektor pertanian di Cianjur dan beberapa daerah yang memiliki potensi alam serupa di Jawa Barat.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi dari produksi pertanian dan mencegah fluktuasi harga secara drastis. Minggu (13/10/2024).

Dilansir dari detikjabar menurut Ilham, Cianjur memiliki kekuatan di sektor pertanian, perkebunan, hingga peternakan. Potensi tersebut perlu dimaksimalkan dengan hilirisasi.

"Sumber Daya Alam Cianjur luar biasa. Makanya perlu ada hilirisasi, seperti halnya hilirisasi dia ekor mineral yang berkembang baik," kata dia usai memberikan kuliah umum di STAI di Cianjur, Kamis (10/10/2024).

Menurut dia, hilirasasi pertanian dinilai akan meningkatkan dan memperbaiki nilai dari produk, sebab tidak hanya bahan mentah namun diolah dengan nilai yang lebih stabil.

"Kita ketahui kalau produk pertanian itu kadang naik dan turun harga. Tergantung pada pasar. Tapi dengan hilirisasi, produk diolah membuat harga lebih stabil," kata dia.

Selain itu, hilirisasi juga akan membuka lapangan pekerjaan pasalnya akan ada industri pengolahan pangan yang dibuat.

"Banyak yang bekerja di sektor itu (pertanian). Dengan menghilirkan dari hulu, akan ada peluang untuk banyak pekerja mendapatkan lapangan pekerjaan baru dan nilai ekonomi dari produk pertaniannya akan meningkat. Diolahnya pun tidak perlu langsung dengan teknologi canggih tetapi teknologi sederhana terlebih dahulu," kata dia.

Dia mengatakan hilirisasi tidak hanya berlaku di Cianjur tetap nantinya akan diterapkan di berbagai wilayah di Jawa Barat yang memiliki kondisi serupa dengan Cianjur.

"Tentu bukan hanya Cianjur tapi daerah lain yang juga kuat di sektor pertaniannya," kata dia.

Di sisi lain, Ilham juga berencana menata pesisir selatan Jawa Barat dengan menggenjot pembangunan infrastruktur. Hal itu dilakukan agar masyarakat lebih mudah mendapatkan akses pendidikan, kesehatan, hingga perekonomian.

"Ini juga yang akan saya perhatikan, bagaimana selatan ini infrastrukturnya dibangun," kata dia.

Menurut dia, dirinya optimis dapat terpilih dan membangun Jawa Barat ke arah yang lebih baik melalui jalur politik.

"Politik sarana mendapatkan kekuasaan untuk memberikan solusi, menyelesaikan masalah, dan tantangan di masa datang," kata dia.

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Tingkatkan Ekonomi, Ilham Habibie Canangkan Hilirisasi Pertanian di Cianjur

Trending Now

Iklan